Haha :D

Online TV

    Warung Bebas TV Streaming

    Clock clock =D

    Selasa, 08 Februari 2011

    Hal aneh tentang bali

     




    Bali kan merupakan salah satu harta terbesar yang dimiliki oleh negara kita tercinta ini, selain pantai kuta & tari kecak-nya, Bali ternyata masih punya fakta-fakta unik lain yang harus kita ketahui here are some of the facts:
    -Hampir setiap halaman rumah orang Bali selalu ada pohon Kamboja, karena kamboja adalah tanaman khas orang Bali, bunga kamboja merupakan salah satu perangkat yang harus ada pada setiap ritual keagamaan.

    -Mayoritas orang Bali beragama Hindu, oleh karena itu hampir di setiap rumah terdapat pura keluarga, meskipun bentuknya kecil namun menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan karena bentuknya yang unik.

    -Bali menjadi surga bagi kehidupan anjing baik itu jinak maupun liar karena orang Bali sangat menyayangi binatang yang satu ini. Menurut mereka Anjing adalah binatang yang setia pada tuannya, sehingga orang Bali yang sering bepergian keluar rumah untuk bertani atau berdagang mempercayakan Anjing untuk menjaga rumah. Selain itu anjing juga menjadi alarm yang baik jika ada tamu atau orang yang bermaksud tidak baik.

    -Sistem kasta (sudra, waisya, ksatria, brahmana) di Bali saat ini dipandang lebih kepada besar kecilnya peran dan fungsi seseorang pada pekerjaan atau pengabdiannya kepada orang banyak. Meskipun ia datang dari kasta paling rendah atau Sudra, tetapi jika dia bisa menjadi pemimpin yang baik di masyarakat maka kastanya akan terangkat dan lebih dipandang daripada kasta yang lebih tinggi namun tidak punya peran apa-apa. Kasta sudah tidak lagi menentukan kelas sosial secara kultural, tetapi lebih kepada penyesuaian struktural.

    -Wanita Bali terkenal paling setia kepada pasangannya, ia akan rela memberikan apa saja kepada orang yang dicintainya termasuk berpindah agama dan keyakinannya sesuai dengan yang dianut oleh pasangannya. Budaya ini lahir akibat sistem paternalistik pada masyarakat Bali yang sangat kuat.

    -Kenapa kasus perceraian di Bali sangat jarang terjadi, alasannya karena orang Bali akan berpikir seribu kali untuk bercerai, mereka harus melewati beberapa aturan adat Bali yang cukup rumit. Diantaranya sebelum bercerai pihak laki-laki harus melakukan upacara pamitan kepada pihak keluarga perempuan satu per satu, dan ini dianggap sangat memalukan bila terjadi.

    0 comments:

    Posting Komentar

     
    Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Grants For Single Moms