Haha :D

Online TV

    Warung Bebas TV Streaming

    Clock clock =D

    Senin, 07 Februari 2011

    Pintu Ukiran Bali Digemari Pecinta Seni Berbagai Negara


    Di desa Batubulan Gianyar Bali merupakan tempat yang sebagian penduduknya merupakan seniman ukiran kayu. Berbagai ukiran kayu dihasilkan dari desa ini.
    Salah satu yang ingin KonsepRumahIdaman ulas disini adalah ukiran yang di pahat pada sebuah pintu. Ditangan seniman asal Batubulan ini pintu rumah di sulap menjadi barang seni yang bernilai tinggi. Telah banyak yang menyukai jenis ukiran ini mulai dari penduduk local sampai mancanegara seperti Asia, Eropa hingga Amerika Serikat.
    Salah satu pengerajin ukiran kayu ini adalah Ketut Pradnya yang telah menekuni bidang ukiran pintu kayu ini sejak tahun 1987. Beliau memiliki tenaga pengukir sampai 75 orang. Bayangkan bagaimana larisnya permintaan jenis ukiran ini.
    Proses pembuatannya dimulai dari menggambar desain pada sebuah kertas dan kemudian di tempelkan pada bidang kayu yang masih utuh. Jenis desain ukirannya ada berbagai jenis seperti patra (jenis ukiran khas bali), motif bunga, pewayangan, hingga ukiran yang ekslusif sesuai dengan keinginan pembeli. Setelah penempelan desain pada bidang kayu, proses selanjutnya adalah mulai melakukan pengukiran. Alat bantu yang di gunakan adalah pahat berbagai ukiran.  dengan keahlian yang dimiliki turun temurun para pengukir mulai mengukir dengan santai sambil bersiul-siul dan menikmati pekerjaanya.
    Waktu pengerjaan satu ukiran tergantung dari besarnya dan tingkat kerumitan dari ukiran yang akan dibuat. Biasanya satu pintu hanya diukir oleh satu orang sampai selesai, karena jika bagian-bagian ukiran di kerjakan oleh orang lain bisa memberikan sentuhan yanga berbeda.

    Harga ukiran ini beraneka ragam, dari mulai 2 juta rupiah dengan desain yang paling polos sampai dengan harga 100 juta rupiah. Pesanan selalu datang, ada dari Bali sendiri kota lain di Indonesia bahkan tidak jarang juga dari mancanegara. Rata-rata keuntungan yang diperloleh perbulan antara Rp 200 hingga Rp 500 juta perbulan.

    0 comments:

    Posting Komentar

     
    Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Grants For Single Moms